Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)


Tempat Wisata di Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan patung liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional. Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Terletak diatas dataraan tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata dipesisir selatan Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memiliki latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan. Dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Udara dan kurang dari satu jam dari lokasi perhotelan utama, GWK menjadi salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran dan konferensi ataupun kunjungan santai bahkan kunjungan spiritual. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga apat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. Kawasan seluas 250 hektar ini merangkum berbagai kegiatan seni budaya, tempat pertunjukan serta berbagai layanan tata boga. Sebagaimana istana-istana Bali pada jaman dahulu, pengunjung GW K akan menyaksikan kemegahan monumental dan kekhusukan spiritual yang mana kesemuanya disempurnakan dengan sentuhan modern dengan fasilitas dan pelayanan yang tepat guna. Kendatipun anda datang sebagai bagian dari ribuan pengunjung sebuah event kebudayaan ataupun seorang diri untuk menikmati sekedar hidangan ringan dan minuman sembari menyaksikan matahari terbenam, anda akan merasakan keindahan alam dan budaya Bali serta keramah-tamahan penduduknya.

objek wisata di bali (96),SENI PATUNG (30),seni rupa patung (27),gwk bali (15),garuda wisnu kencana (15),seni patung di indonesia (14),patung bali (9),seni patung daerah (7),patung daerah bali (4),gambar seni patung daerah (3),karya seni patung daerah (3),www seni patung daerah (2),seni patung karya nyoman nuarta (2),gambar seni patung (2),seni patung nyoman nuarta (2),tama bali garuda (2),patung dibali (2),patung terkenal di bali (2),patung dari daerah bali (2),gambar karya seni patung (2)

Spesial Info Lainnya :

Tanya Paket wisata ke Bali ?

Phone : (0361)3688800 - Office Hour
Fax : (0361) 461656
No.XL : 081990817590
No.SIMPATI : 081237799501
No.IM3 085737614090
Pin BB 24CB08A4 - Skype: wisata_bali
email:salamdaribali@yahoo.co.id atau sales@wisata-bali.com



      

 

 

  • Quick Booking
    Nama
    Email
    Pesan
    Masukan Kode Pengaman
  • TESTIMONIALS
    avatarDipertahankan servicenya, on time, ramah, cekatan dan menguasai lapangan. wisata-bali.com TOP deh !

    Irene Prayogo
    Jakarta
    Pelayanan Wisata Bali bagus banget !! Suskes ya.....

    Mirza Ilfiandari
    Kep. Riau
    avatarSiang Pak Agung, Kami sekeluarga thank buanget buat servicenya selama kami di Bali n' kami mohon maaf apabila selama bersama2 ada kata atau tindakan yang kurang berkenan kami mohon maaf terutama kecerewetan anak-anak kami. Tapi yang pasti kalo kami ke Bali kami akan contact kembali dan untuk kenang2 nya bagus buanget.Oh ya kemarin pesawat kami delay sampe jam 00.20 jadi kami serasa di pengungsian, bete banget terutama anak2. Sekali lagi thanks banget dan salam dari kami untuk keluarga. tks


    Dani Adoe
    Jakarta
  • LUNCH/SNACK BOX
    LUNCH (menu Ayam betutu mulai 30rb/box)/SNACK BOX MURAH untuk Rombongan, acara meeting, tour di Bali INFO : 0361-8535860 atau 081338667808, Pin BB : 288A4776
  • We Accept:

    Kredit_Card_logo