Desa Penglipuran, sebuah desa tua di Bali


Desa panglipuran adalah sebuah desa tradisional yang mempunyai ciri tersendiri, termasuk kelurahan kubu, kecamatan Bangli, kabupaten bangli. Keasrian desa beserta lingkungannya menandakan bahwa desa penglipuran sangat sedikit sekali tersentuh oleh alam modernisasi. Didukung oleh udaranya yang sejuk karena ketinggiannya sekitar 700 m di atas permukaan laut, memberi kenyamanan bagi penduduk setempat dan bagi mereka yang berkenjung ke desa tersebut. Desa yang mengelilingi penglipuran adalah desa khayan, desa gunaksa, desa kubu dan desa ceking.

Desa yang terletak kurang lebih 6 km sebelah utara kota Bangli atau 1 km dari desa kubuh ini berpenduduk 700 orang pada tahun 1999 dengan jumlah kepala keluarga 192 KK. Desa yang teridiri dari  satu desa adat dan satu banjar secara administrasi amat mudah mengaturnya. Jumlah desa adat dan desa pekramannya adalah sama dengan jumlah anggota banjar sehingga merupakan kepanjangan tangan dari kelurahan kubu, juga merupakan perwakilan desa adatnya.

Nama Desa penglipuran menurut cerita para sesepuh tua di desa penglipuran diambil dari kata ” pengelimg pura ” yang artinya ingat pada leluhur. Cerita ini dikaitkan dengan hijrahnya leluhur masyarakat bayung gede di wilayah kintamani ke Desa penglipuran yang sekarang. Untuk mengingat tempat leluhurnya maka dibangunlah tempat persembayangan yang fungsinya sama dengan tempat persembahyangan yang terdapat di desa Bayung gede. Tempat persembahyangannya adalah pura bale agung, pura puseh,pura dalem, dan pura dukuh. keempat pura ini sampai sekarang masi disungsung oleh masyarakat desa penglipuran. Rasa eling atau ingat tanah asal dari leluhur mereka yaitu desa Bayung Gede inilah makna dari pembangunan pura tersebut.

 

desa panglipuran bali (15),desa wisata penglipuran di bali (3),penglipuran bali (3),desa wisata panglipuran (2),penginapan di desa penglipuran bali (2),ojek wisata penglipura bangli (2),desa panglipuran (2),cerita wisata penglipuran (2),nama pura di desa penglipuran (1),penginapan sekitar desa penglipuran (1)

Spesial Info Lainnya :

Tanya Paket wisata ke Bali ?

Phone : (0361)9657528 - Office Hour
Fax : (0361) 461656
No.XL : 087761532700
No.SIMPATI : 081237799501
Pin BB 24CB08A4 - Skype: wisata_bali
email:salamdaribali@yahoo.co.id atau sales@wisata-bali.com



      

 

 

 

  • Quick Booking
    Nama
    Email
    Pesan
    Masukan Kode Pengaman
  • TESTIMONIALS
    Servicenya sangat memuaskan, pertahankan ya ! Tips : Akan jauh lebih baik jika pemandu/driver menggunakan seragam

    Tri Anjarini
    BSD ( Bumi Serpong Damai)
    Our driver name is Edy. We like him very much, he is excellent, always on time, very friendly and very informative. Next time, when we come back to Bali, definitely wants him to be our guide

    Patrick & Natalia Clary
    Surabaya
    avatarDear Pak Agung …. Terima kasih, ya Pak, sudah membawa kita jalan-jalan…seneng dan puas banget… tapi next kalau bisa kita duduk ngobrol bareng di Jimbaran… seneng denger cerita-cerita tentang Bali… dan Bali memang benar-benar endless exprerience… kalau saya datang lagi… nanti kita jalan-jalan ke Ubud ya, Pak… tapi janji.. musti makan bareng…. Terus barangkali tau galery-nya yang mirip-mirip seperti Amazing Gallery-nya Antonio Blanco… di daerah Ubud kita dikasih tau, ya Pak… Biar Pak Agung maju terus.. dan sukses… biar nanti punya anak buah yang banyak…. pokoknya kita seneng banget…..! See you ya Pak… Gbu….

    Robert &Theresia kayatoe
    Jakarta
  • LUNCH/SNACK BOX
    LUNCH (menu Ayam betutu mulai 30rb/box)/SNACK BOX MURAH untuk Rombongan, acara meeting, tour di Bali INFO : 0361-8535860 atau 081338667808, Pin BB : 288A4776
  • We Accept:

    Kredit_Card_logo