Pulau Nusa Penida
terletak di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Prosesi menuju ke Pulau Nusa Penida dapat dijangkau dari Padangbai, Kusamba maupun Pantai Sanur. Untuk sampai ke Pulau Nusa Penida akan ditemui desa pertama yang mengawali rangkaian desa-desa di kecamatan Nusa Penida yaitu desa adat Dalem Setra Batununggul. Di desa ini terdapat penginapan Pemda Bali. Secara histories, area yang menjadi desa adat ini, merupakan area pertama tatkala terjadi penyerbuan ke Pulau Nusa Penida dari Klungkung.

Nusa Penida, dengan dua pulau kecil lainya yaitu: Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, akhir-akhir ini menarik perhatian, karena rasa ingin tahu lebih mendalam akan struktur masyarakat, keadaan pulau dan hal-hal lain yang ada di pulau tersebut. Rasa ingin tahu tersebut akan menambah wawasan yang sangat berharga sebagai tambahan pengetahuan. Wisata antar pulau merupakan jenis wisata yang cukup menarik di sini, karena dapat melewati laut dan menikmati pemandangan tepian pulau yang terhampar artisik dari tengah laut.

Banyak kapal wisata, misalnya kapal wisata Bounty dan Bali Hai, yang sering berkeliling di perairan Nusa Lembongan dan Ceningan, mengantarkan wisatawannya untuk menikmati wisata tirta, antara lain menyelam, memancing dan ski air. Yang dijadikan obyek wisata di sekitar kecamatan Nusa Penida umumnya adalah di daerah pesisir, dan beberapa penginapan pada daerah-daerah yang strategis sudah ada, seperti di Nusa Ceningan.

Nusa Penida menjadi terkenal dalam sejarah Bali, karena keberhasilan Dalem Gelgel menaklukan Dalem Bungkut yang berkuasa di Nusa Penida. Dalam Babad Blahbatuh diceritakan, Dalem Di Made yang memerintah kerajaan Gelgel (1600-1651) pada saat itu pernah mengutus Ki Jlantik Bogol menindas pemberontakan di Nusa Penida yang dipimpin oleh Dalem Bungkut.

Fungsi obyek wisata Pulau Nusa Penida utamanya adalah sebagai adalah sebagai tempat ibadah, dengan keberadaan Pura Ped. Di Pulau Nusa Penida akan dapat dilihat Pura Ped ini menjadi pusat perhatian Umat Hindu dan sekaligus ramai dikunjungi pada saat hari-hari suci keagamaan.

PETA NUSA PENIDA :


Lihat Peta Lebih Besar

paket keluarga ke bali2016