Alas kedaton adalah sebuah hutan kecil seluas kurang 6-7 HA. Total luas hutan,pura serta fasilitas penunjangnya 12 Ha. Di dalam hutan terletak sebuah pura bernama Pura Alas Kedaton. keindahan alam di lingkungan pura yang serba menghijau dengan udarang yang segar, sungguh memperlihatkan suasana keheningan dan kesucian. Di sudut tenggara hutan terdapat sebidang tanah lapang kecil, yang menurut ceritera rakyat di sekitarnya dikatakan sebagai kuburan kera. Tanah lapang ini pada tahun 1979 pernah di teliti oleh balai arkeologi Denpasar bekerja sama dengan Jurusan Arkeologi Fakultas Sastra, Universitas Udayana, Denpasar, namun tidak di temukan adanya bangkai kera di sana.

Kera – kera di alas kedaton sangat jinak dan berkeliaran bebas di halaman pura, sehingga suasana yang hening ini kadang – kadang di pecahkan oleh ramainya suara kera yang sedang bermain dan berebut makanan. Kera – kera penghuni hutan ini ada yang melompat – lompat di tembok pura, mandi di selokan atau juga bergelantungan di pohon – pohon yang rindang.

Alas kedaton terletak di desa kukuh, kecamatan marga, Kabupaten Tabanan. Alas kedaton slaah satu objek wisata yang cukup ramai di kunjungi wisatawan macanegara.

Tag :  
alas kedaton,wisata alas kedaton


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha